Matematika TK dan SD Klas.I : Simbol Bilangan (Bagian II) - MATEMATIKA DASAR UNTUK SD DAN SMP/MTs

Blog berisi bahasan materi matematika dasar untuk pelajar SD, SMP/MTs dan Anda yang ingin mendampingi putra/i Anda dalam belajar matematika.

21 Juli 2011

Matematika TK dan SD Klas.I : Simbol Bilangan (Bagian II)


BAGIAN II

Proses ini butuh bantuan penuh orang tua murid..!

Pada Bagian I sudah kita perkenalkan kepada anak tentang simbol 0, 1, 2, ... 9.

Kini akan kita lanjutkan ke gabungan dari simbol-simbol tsb.
Tapi, sebelum dilanjutkan, coba TES lagi anak Anda atas pelajaran yll.

Siap..?!!
Ayo kita lanjutkan...

Seperti biasa, Anda tulis 10, 11, 12 dan 13. Lalu Anda baca dan suruh anak Anda menirukannya.
Lakukan hal itu tiga atau empat kali, kemudian Anda TES (dengan dua cara) seperti pada Bagian I.

Setelah anak Anda lulus TES, lalu tunjukkan kepadanya bahwa disana ada pola berulang mulai dari 11 sampai 19, yaitu kata "belas". Lalu Anda tulis sebuah bilangan misalnya 17, dan suruh anak Anda membaca bilangan itu...
Jika dia bisa, maka sudah saatnya Anda mengelus-elus pundaknya sebagai hadiah.

Dan...
Selanjutnya perkenalkan 20, 21, 22, 23.....29.
Caranya persis sama dengan diatas.

Jika anak Anda berhasil dengan baik sampai ke tahap ini, maka dia pasti bisa melanjutkan sendiri sampai ke 99.
Untuk meyakinkan, coba TES : Anda tulis misalnya 30, 36, 40, 59, 63, 77, 84, 95 dan 99. Lalu suruh anak Anda membacanya satu-persatu...

Berhasil..?
Ok, tinggal satu langkah lagi.

Anda tulis 100, 101, 102, 103... Lalu Anda baca dan anak Anda mengikutinya..
Setelah itu Anda tunjukkan bahwa disana ada pola berulang, yaitu "seratus". 100 satu, 100 dua, 100 tiga, dst.
Sekarang, Anda teruskan menulis 104, 105, 108, 109, 110, 117, 158, dst, kemudian suruh anak Anda membaca yang Anda tulis itu.

Terakhir, Anda tulis 200, 300, 600, 900, 1000 dan 1825. Lalu Anda suruh anak Anda membacanya.

Capek.? Ya, sudah, selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar