Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 20 September 2011

Matematika SMP Kls 1 : Pecahan Senilai

(Saran untuk orang tua atau pemdamping anak : bantulah sang anak dalam memahami arti kalimat-kalimat dalam uraian berikut ini..!).

Pecahan senilai yaitu dua pecahan atau lebih yg pembilang dan penyebutnya berbeda, tapi nilai pecahan-pecahan tsb sama.

Pecahan senilai mempunyai letak yg sama pada garis bilangan.

Contoh:
1/3 senilai dgn 2/6 senilai pula dgn 3/9 senilai pula dgn 6/18 senilai pula dgn 10/30.
Atau 1/3 = 2/6 = 3/9 = 6/18 = 10/30.

Cara memperoleh pecahan senilai adalah 'mengali' atau 'membagi' pembilang dan penyebut pecahan itu dgn bilangan bulat yg sama dan bukan nol.

Contoh:
1).Jika pembilang dan penyebut dari 2/3 sama-sama dikali dgn 5, maka diperoleh 10/15 (yaitu 2x5 dan 3x5).
Jadi, 2/3 senilai dgn 10/15.

2).Jika pembilang dan penyebut dari 16/20 sama-sama dibagi dgn 4, maka hasilnya 4/5 (yaitu 16 dibagi 4 hasilnya 4 dan 20 dibagi 4 hasilnya 5).
Jadi, 16/20 senilai dgn 4/5.

Catatan:
Untuk menyederhanakan suatu pecahan, bagilah pembilang dan penyebut pecahan tsb dgn FPB-nya.
Contoh:
1).Sederhanakan 12/20.
Jawab:
Faktor (pembagi) dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6 dan 12.

Faktor dari 20 adalah 1, 2, 4, 5, 10 dan 20.

Jadi, FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dari 12 dan 20 adalah 4.

Jadi, untuk menyederhanakan 12/20, maka bagilah 12 (pembilang) dan 20 (penyebut) itu dgn 4.
12 : 4 = 3
20 : 4 = 5

Jadi, bentuk sederhana dari 12/20 adalah 3/5.

LATIHAN
1).Tulislah tiga pecahan senilai dgn pecahan berikut ini, 2/3, 5/6, 9/13.

2).Tulislah pecahan berikut dalam bentuk paling sederhana: 6/9, 18/30, 14/21.

Tuliskan jawabanmu pada area Komentar dibawah ini..!

8 komentar:

  1. maksud nya apa saya gak ngerrti

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sam AG JG GAK NGERTI

      Hapus
    2. Utk adk2 yg tdk mengerti tapi memang serius utk mengerti, maka tlg terangkan dgn jelask : bagian mana yg tdk kamu mengerti. Atau coba minta bantu kpd ortu, kakak atau teman yg lbh senior. Ok..???!!!

      Hapus
    3. sepertinya gak ngerti karena bentuknya pecahannya ditulis ke pinggir seperti 2/3 bukan dua per tiga yang ditulis ke bawah

      Hapus
  2. Aku juga......edan nih yg bikin bkin stress gua aja

    BalasHapus
  3. Ada yg tau knp hulk itu gendut?

    Jawabanya:beuki nyatu

    BalasHapus
  4. Saya juga ngak ngerti gan...

    BalasHapus
  5. Bagian mana yg nggak ngerti, William.? Coba jelaskan....
    Biasanya, ini bagian termudah dari matematika pecahan.

    BalasHapus