Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 22 Juli 2011

TK dan SD Klas.I : Belajar Berhitung

Proses ini butuh bimbingan penuh dari orang tua murid..!

Siap..?!!
Ayo langsung saja kita mulai...

Pada dua pembelajaran yll si anak sudah bisa membaca angka dari nol sampai ratusan. Tapi bisakah dia memperagakan 2 (dua) dengan jari tangannya.?

Untuk itu, sekarang kita perkenalkan kepadanya wujud sebenarnya dari sebuah simbol.

Anda tulis sebuah bilangan kecil, misalnya angka 1 dan suruh anak Anda membacanya... Pada saat bersamaan, Anda peragakan sebuah jari tangan Anda.
Lanjutkan dengan 2, 3, 4, dst.

Sebaiknya Anda sediakan puluhan kelereng untuk memperagakan bilangan yang lebih besar.

Jika kelereng sudah tersedia, latihlah anak Anda 'berhitung' dengan cara menghitung kelereng tsb mulai dari 1..
Caranya : tumpuklah semua kelereng dalam satu wadah... Sekarang suruh anak Anda mulai berhitung atau membaca bilangan, mulai dari satu. Ketika ia menyebut satu, ambil satu kelereng dari wadah, dan pindahkan ke wadah lain... Lanjutkan dengan 'dua' sambil memungut satu kelereng lagi..
Setiap kali anak Anda selesai menyebut sebuah bilangan dan memindahkan ke wadah yang baru, maka ketika itu Anda harus mengatakan kepada anak bahwa wujud dari angka yang disebutnya terakhir kali, adalah sebanyak kelereng yang berada di dalam wadah baru...
Artinya : ketika dia selesai menyebut tiga dan menambahkan sebuah kelereng ke wadah baru (misalnya), maka didalam wadah baru itu ada tiga buah kelereng... Itulah wujud sebenarnya dari simbol 3.

Untuk latihan atau tes, sering-seringlah menyuruh anak Anda menghitung tumpukan yang terdiri dari sekian buah kelereng.
Anda mulai dengan membuat tumpukan kecil, misalnya 5 buah kelereng... Suruh anak Anda menghitungnya dua atau tiga kali... Setelah itu, Anda tambah jumlah kelereng sampai belasan buah...

Selesai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar